KLIK LAMBANG DAERAH UNTUK MELIHAT BERITA




2 Wilayah di Riau Berstatus Siaga, Pemprov Riau Bersiap Tetapkan Status Siaga Karlahut

http://www.riaulive.com/2-wilayah-di-riau-berstatus-siaga-pemprov-riau-bersiap-tetapkan-status-siaga-karlahut.html

Pekanbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Rencana penetapan status ini karena dua wilayah sudah menetapkan siaga darurat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan rencana penetapan siaga darurat karhutla ini akan dilakukakan awal pekan depan.

“Senin (23/1) depan, kita akan rapat koordinasi untuk menetapkan status siaga darurat karhutla. Siaga ini lebih pada pencegahan,” kata Edwar.

Dua daerah yang sudah menetapkan siaga darurat karhutla adalah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Pemkot Dumai.

“Pemprov Riau baru bisa menetapkan siaga darurat bila indikatornya dua kabupaten atau kota sudah menetapkan siaga darurat,” kata Edwar.

Bila merujuk pada kejadian tahun 2014, Edwar menyebut penetapan siaga darurat dilakukan pada bulan Juli. Penetapan siaga darurat pada tahun 2015 juga ditetapkan pada bulan Juni, saat Riau dikepung asap.

“Tahun 2016 penetapan siaga darurat pada bulan Maret. Itu lebih cepat penetapannya sehingga kita bisa bergerak lebih cepat melakukan pencegahan. Alhamdulillah, tahun 2016 Riau bebas asap,” kata Edwar.

Untuk tahun 2017, penetapan siaga darurat direncanakan dilakukan pada Januari. Penetapan untuk mengantisipasi sebelum kebakaran lahan semakin meluas.

“Kita menetapkan siaga darurat bukan berarti Riau sudah dikepung asap. Namun ini lebih pada langkah mencegah dengan peningkatan status,” ujar Edwar.(dtk)

Tulis Komentar Anda