KLIK LAMBANG DAERAH UNTUK MELIHAT BERITA




Penobatan Raja Gunung Sahilan Akan Dihadiri Oleh Raja-Raja Seluruh Nusantara

http://www.riaulive.com/penobatan-raja-gunung-sahilan-akan-dihadiri-oleh-raja-raja-seluruh-nusantara.html

Gunung Sahilan – Gunung Sahilan merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Kampar yang terdapat satu istana yang bernama Istana Darussalam yang terletak di Desa Sahilan Darussalam tepatnya di Koto dalam Kenegerian Gunung Sahilan.

Berturut-turut raja yang pernah didaulat di Kerajaan Gunung Sahilan antara lain Raja I (1700-1740) Tengku Yang Dipertuan (TYD) Bujang Sati, Raja II (1740-1780) TYD Elok, Raja III (1780-1810) TYD Muda, Raja IV (1810-1850) TYD Hitam.

Pada tanggal 22 Januari 2017 mendatang kerajaan Gunung Sahilan akan melakukan agenda besar yang akan tercatat dalam sejarah kerajaan Gunung Sahilan yaitu pengukuhan/penobatan Pewaris Kerajaan Gunung Sahilan.

Syafrizol Humas Panitia Pengukuhan/penobatan saat dihubungi membenarkan pada hari Minggu 22 Januari 2017 akan kita selenggarakan Pegukuhan/penobatan Pewaris dari kerjaan Gunung Sahilan.

“Adapun Pewaris Tahta Kerajaan Gunung Sahilan yang akan dinobatkan Yakni H. Tengku Muhammad Nizar yang merupakan anak dari Tengku Ghazali,” ujarnya, (19/01).

Syafizol Menambahkan Rangkaian kegiatan akan kita mulai dari hari Sabtu tanggal 21 Januari 2017, yang diisi dengan kegiatan Rantau Baguluang yakni Penyambutan Kedatangan Para Khalifah serantau kampar kiri baik yang dari hilir atau dari hulu yang akan tiba di pulau Pengadapan dan akan disambut oleh halipah Datuk Besar.

Pada hari minggunya 22 Januari 2017 merupakan hari puncak penobatan yang insya allah akan dihadiri oleh raja-raja Nusantara dan juga dari Singapura serta Malaysia.

Dari pemerintahan akan dihadiri oleh Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rahman, Pj Bupati Kampar H.Syahrial Abdi,API,MS.i, Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau serta Kepala Dinas Pariwisata Kampar dan juga, tamu undangan Lainnya sekitar 3000 orang .

“Kita selaku panitia beberapa hari ini bekerja keras melakukan pemantapan persiapan penobatan ini bagaimana kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar,” tambah Syafrizol.

Sebagai tambahan informasi, H. Tengku Muhammad Nizar saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Panca Marga Markas Daerah  Riau.(*)

Tulis Komentar Anda